BLUD

Berdasarkan Keputusan Bupati Rembang Nomor: 445/659/2009 , tanggal 06 Juli 2009 tentang Rumah Sakit Umum Daerah dr. R. Soetrasno Rembang ditetapkan Sebagai Pola Pengelolaan Keuangan - Badan Layanan Umum Daerah (PPK-BLUD).

Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) adalah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) atau unit kerja pada satuan kerja perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Daerah yang menerapkan pola pengelolaan keuangan BLUD (PPK BLUD) dan dibentuk untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat berupa penyediaan barang dan/atau jasa yang dijual tanpa mengutamakan mencari keuntungan dan dalam melakukan kegiatannya didasarkan pada prinsip efisiensi dan produktifitas.

Dengan menjadinya rumah sakit yang merupakan badan layanan umum daerah, banyak hal positif yang akan diperoleh, diantaranya bisa secara cepat mengatasi kekurangan dokter atau pegawai, mempercepat pengadaan alat medis, mengatasi kekurangan obat akan lebih cepat dan banyak hal lainnya.

BLUD (Badan Layanan Umum Daerah) ini berarti rumah sakit sudah bisa mengelola keuangan sendiri dan tanpa menyetor lansung ke kas daerah, begitu juga dengan pemanfaatannya akan lebih cepat dan tidak perlu lagi mengadakan pengusulan.

Selama ini RSUD dr. R. Soetrasno kalau mau membeli sebuah alat medis biasanya harus diusulkan, dan itu harus menunggu dengan waktu yang cukup lama, tapi sekarang jika keuangan kita sudah memadai dan alat itu sangat diperlukan dalam waktu dekat yang sangat singkat sudah bisa teratasi.

Sedangkan untuk pengawasaanya, akan diawasi oleh pengawasan silang baik internal maupun eksternal Pemkab. ”Selain dari auditor, kita akan diawasi oleh Sekda, Ispektorat Bappeda, Dispenda, BKD termasuk, bagian hukum dan istansi terkait lainnya, termasuk dari eksternal konsultan.

Pada Akhirnya dengan menjadi rumah sakit BLUD prinsip bekerjanya adalah KISS (Keep it Short and Simple), maksudnya sebagai badan layanan umum tentunya mengurangi birokrasi dan tidak bentele-tele