Pemerintah Kabupaten Rembang akan mulai menggratiskan pemulangan bagi pasien yang menjalani perawatan di RSUD dr.R.Soetrasno Rembang mulai Rabu 20 Februari 2018 besok, bertepatan dengan puncak HUT RSUD ke-63.

Layanan gratis hanya untuk pemulangan pasien yang tercatat sebagai keluarga kurang mampu asli warga Kabupaten Rembang.

Direktur RSUD Rembang dr Agus Setiyohadi mengatakan, program tersebut merupakan kebijakan Bupati Rembang Abdul Hafidz yang direncanakan sejak akhir 2017, dan ditarget sudah mulai tahun 2018 ini.

Ia menambahkan, untuk merealisasikan kebijakan tersebut ada beberapa hal yang harus dipersiapkan. Diantaranya, sarana transportasi, dan kesiapan anggaran untuk pemulangan.

“Kami sudah menyiapkan mobil untuk mengantar ke semua wilayah Kabupaten Rembang. Anggarannya juga kami siapkan,” kata Dirut RSUD.

Pemkab Rembang sudah menyiapkan 9 armada untuk mengantar pulang para pasien secara gratis. Rata-rata ada 50 an pasien yang pulang dari RSUD Rembang setiap hari.

Ketua BPD Desa Gunem Sridoyo sangat mendukung kebijakan RSUD mengantar pasien RSUD gratis setelah sembuh usai dirawat.Baginya kebijakan itu sangat membantu masyarakat kecil yang tinggal di wilayah atas seperti Kecamatan Gunem yang jauh dari jangkauan RSUD.

Leave a reply