Berdasarkan hasil pengolahan data terhadap kepuasan masyarakat penyelenggaraan publik di RSUD dr. R. Soetrasno Rembang diperoleh nilai iindeks kepuasan masyarakat (IKM) sebesar 78,46. Nilai ini dapat diartikan bahwa mutu pelayanan dikategorikan baik.

Nilai tersebut diperoleh dari jawaban masyarakat terhadap unsur -unsur pelayanan sebagaimana tersebut dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi nomor 16 tahun 2014 tentang Pedoman Survei kepuasan Masyarakat.

Dari hasil IKM yang telah dilakukan pada 16 unit pelayanan di RSUD dr. R. Soetrasno menunjukkan rentang IKM yang baik dengan rerata sebesar 78,46 (tujuh puluh delapan koma empat puluh enam). Nilai terendah dimiliki oleh unit pelayanan ruang Teratai yang memiliki nilai IKM 70,51 (tujuh puluh koma lima puluh satu) atau dalam rentang nilai baik, sementara nilai tertinggi Instalasi Hemodialisa memiliki nilai IKM 91,99 (sembilan puluh satu koma sembilan puluh sembilan) atau dalam rentang nilai sangat baik. Apabila dilihat dari 16 unit pelayanan, RSUD dr. R. Soetrasno memiliki 2 unit pelayanan dengan nilai sangat baik (Instalasi Hemodialisa dan Ruang Kartini 4) dan 14 unit pelayanan dengan nilai baik.

Leave a reply